Pendakian Ke Gunung Gede Pangrango - 1 Oktober 2010

Senin, 18 Januari 2010

Jadi mauu cerita pengalaman waktu hiking ke gunung gede 3 bulan yang lalu sekitar 1 Oktober 2009 ..

Perjalanan yang mendadak dan kurang matang .. mungkin itu kata yang tepat untuk mewakili pendakian gw dan teman” kali ini .. hehe . Sebenernya niat untuk mendaki gunung udah pernah gw denger dari Amar yang sempet membicarakan nya pas semester sebelumnya sama Risty .. Tapi saat itu gw bener” ga ada satu tetes niat pun untuk gabung ke perjalanan mereka itu ..
Mendaki gunung mungkin bila dilihat adalah hal yang kadang terfikir cukup mudah .. hanya berjalan terus dan menuju ke atas hingga kau menemukan puncak nya . Tapi gw tau susahnya kayak apa dari berita” yang gw denger dari temen” pecinta alam lain dan menurut gue , ga ada indah” nya bercapek” sampai ke puncak lalu turun lagi .. apa gunanya ? itu fikiran lampau gw ..
Tapi 1 trimester ternyata berhasil ngebuat gue berubah fikiran ..
Hari pertama di trimester 4 gw diajakin sama Mr. Gampangan (red : Amar . ada sejarahnya gw sebut dia begini .. anak yang ikut naik gunung pasti ngerti.. hehe) buat gabung hiking ke Gunung Gede ini yang rencananya akan berangkat minggu itu juga alias nyatanya 2 hari kemudian udaa sampe aja di cibodas..! beberapa detik, ga tau kesambet apa, gw langsung setuju buat ikut padahal izin nyokap belum ditangan , uang ga jelas cukup apa ga , persiapan ga ada sama sekali, hehe .. yang pasti saat itu gw cuma kefikiran untuk ngisi liburan gw yang bolong banget .. dan alhasil gw serahin KTP gw buat didaftarin dan 2 orang yang kewarasannya diragukan langsung cabut ke cibodas untuk daftar dan tanya” prosedur ..

Sebenernya abis itu ada 1 hal yang gw takutin , bukan karena cewe nya yang berniat ikut cuma 2 orang , bukan .. gw cuma takut karena dari beberapa yang gabung, gw tau cuma si Mr. Gampangan yang udah pernah naik gunung ,, sisanya PEMULA .. termasuk gw .. nah , siapa yang tau apa yang bakal terjadi di jalan kalo cuma 1 orang rangernya .. masalahnya ini ngebawa cukup banyak orang ..
Dan besoknya gw denger kalo ada prosedur baru untuk pendakian itu harus didampingi oleh 1 pemandu dari kantornya .. dan sirnalah kecemasan gw . hihihi .. hari itu langsung gw dikasi tau apa aja yang harus gw bawa dan persiapin.. karena besoknya udah harus packing dan berangkat !!!! what a sudden plan .. namanya juga anak sipil .. mana ada yang terencana dari jauh” .. haha .. kalo anak manajemen yang bikin mungkin iya dari lama udah disiapin tuh semuanya ,, hehehe .
Hari itu gw belanja, sampe rumah langsung liat daftar bawaan dan nyiapin baju plus barang” penting yang mau gw bawa .. dan jeng jeng besok nya abis packing bareng anak” lain sempet ujan di depok .. jadi agak” parno gitu .. maklum pemula , hehe .. malemnya kita sampe cibodas dan baru disitu aja udara udah bener” nusuk tulang .. Subuhnya sebelum mulai pendakian kita , si Ami yang otaknya kacau juga pagi itu malah niat ga jadi naik gunung dan masang tenda aja di depan penginapan kita saat itu karena dia ga kuat dingiinya .. hahahaha .. padahal kalo difikir” , itu belum seberapa dibanding udara di surya kencana ..
And the story still goes ..
Sekitar jam 10an kita mulai mendaki dari gunung putri .. melalui berbagai kebun kol, bawang, lobak , wortel .. sampai juga di pos 1 .. baru sampai situ aja , jujur gw udah capek banget .. terus saat sampai di satu” nya sungai di perjalanan naik itu , gw bener” udah ngebuang rasa jijik gw dan langsung minum dari mata air di sungai itu yang LUAR BIASA seger dan dingiinya air disitu .. belum pernah gw minum air secara langsung kayak gitu ..
saat udara udah bener” lebih dingin .. rasa capek kayaknya bertambah berat banget , keringnya tenggorokan , kaki yang udah mati rasa sakitnya , dan yang pasti perut yang terus menerus kelaparan .. yang gw sadari paling” ngebuat Dedi sempet ganas di perjalanan ngobrak ngabrik tas bawaaanya untuk mencari makanan mengganjal perutnya .. hehe .. baru sekali ngeliat dedi segitu berambisinya meminta sesuatu ..
Namun semua hal melelahkan itu bener” telah terbayar saat akhirnya sampai di padang edelweis .. wonderful .. gw yang udah sering denger indahnya padang itu dari temen” lain yang udah pernah kesana tadinya hanya merasa mereka berlebihan .. tapi saat gw merasakannya sendiri .. SUBHANALLAH .. gw pun berubah jadi anak kecil liar yang langsung lari” ga jelas ga tentu arah menghampiri kumpulan bunga keabadian itu ..
dan gw menyadari 1 hal lagi dari perjalanan ini..Hal yang membuat sesuatu dapat terlihat lebih indah dan nikmat adalah perjuangan kita untuk mencapainya ..
juga betapa kecil dan ga berdaya nya gw di tempat itu, semua kesombongan kita dapat melakukan segalanya pasti sirna saat melihat berbagai keindahan langit yang luar biasa disana .. semua pasti tambah setuju betapa besarnya kuasa Tuhan kita ..
dan yang lain bilang di surya kencana itu adalah malam terpanjang yang pernah mereka rasakan .. karena bener” udara membeku disitu membuat kita susah tidur dan hampir menjadi es mungkin..
hmm , 1 hal yang ga terlupakan juga disana saat melihat matahari terbenam dengan begitu bulat dan sempurna .. Hal yang kau tidak sadari ternyata mengandung keindahan yang luar biasa tak terkira bila kau resapi lebih dalam.. indah ..

Kembali menyusuri perjalanan pulang sebenernya cukup sulit dan licin juga terutama karena saat itu hujan .. Namun menurut gw , itu lebih mudah dibanding dengan perjalanan naik nya .. tanpa disadari sampe di cibodas kembali sudah bener” mencapai malah sekitar jam 8an .. dan langsung menuju depok walau sampai nya sekitar tengah malam .. gw bener” bersyukur saat sampai di bawah lagi ,, karena beneran deh ada satu fikiran gw yang bilang mungkin gw ga bisa balik lagii .. heee ..
Banyak banget cerita disana yang pengen gw certain lagii , tapi gw yakin untuk baca semua ini pasti juga uda membosankan ya ? hee .. tapi baca ini lagi buat gw malah mengingatkan gw kembali sama semua pelajaran dan keindahan yang pernah gw rasain .. dan ngebuat gw lebih sadar atas semua kesombongan gw yang ga berarti ..